Jangan Tergoda Tren, Pertimbangkan Ini Sebelum Memakai Masker Arang

Posted on

Belakangan ini penggunaan masker arang sudah menjadi tren di dunia kecantikan. Masker yang berwarna hitam ini dianggap bisa membawa manfaat positif bagi wajah. Tetapi tahukah anda jika menggunakan masker arang mempunyai risiko iritasi, dan sebaiknya dihindari karena kondisi kulit tertentu. Disarankan anda sebaiknya tidak langsung terburu-buru dalam mengikut tren.

masker arang

Mengambil Manfaat Arang

Tidak hanya sebagai obat penangkal racun, ternyata arang memiliki manfaat untuk mengatasi perut kembung serta menurunkan kolesterol saja. Selain itu, manfaat arang aktif (karbon aktif) ini juga dipercaya bisa menjadi senjata ampuh untuk mengatasi masalah pada kulit wajah. Jadi tidak heran jika kini banyak produk kecantikan yang mengeluarkan produk berupa masker arang, serta pembersih wajah yang menggunakan bahan utama arang aktif.

Masker arang hitam dipercaya ampuh untuk mengatasi masalah kesehatan kulit wajah, seperti mengangkat sel kulit mati dan komedo, mengatasi kulit berminyak dan berjerawat, mencerahkan kulit serta mengecilkan pori-pori wajah. Masker arang juga dipercaya aman untuk digunakan pada wajah.

Kemudian yang menjadi pertanyaan adalah, benarkah masker arang sanggup mengatasi berbagai masalah yang ada pada wajah? Sampai saat ini masih belum ada bukti yang cukup yang bisa menunjukkan jika arang mampu menjadi solusi berbagai macam permasalahan pada kulit wajah tersebut.

Dapat Memicu Iritasi dan Rasa Sakit

Sementara itu, masker arang pada beberapa orang kemungkinan akan lebih sulit untuk dikelupas. Pada beberapa orang ada yang merasa begitu kesulitan saat meredam rasa sakit yang ditimbulkan ketika melepaskan masker arang pada wajah. Tidak jarang rasa sakit itu hingga memicu keluarnya air mata ketika mengelupas masker.

Kemudian yang menjadi pertanyaan adalah mengapa pengelupasan masker arang menimbulkan rasa sakit? Sebab bukan hanya komedo yang terangkat, tetapi juga sel kulit mati serta minyak berlebih juga ikut terangkat, namun bulu-bulu halus yang ada pada wajah juga turut terangkat oleh masker tersebut. Jadi tidak heran, jika rasa sakit akan muncul ketika proses mengelupas masker arang.

Tips Menggunakan Masker Arang

Nah, di lansir dari situs rifara.com untuk mencegah timbulnya rasa sakit ketika melepaskan masker arang, maka perlu trik tertentu supaya pengelupasan masker tidak lagi terasa sulit.

Sebelum melakukan pengelupasan masker, maka Anda dinajurkan untuk membasahi masker arang yang sudah menempel pada wajah dengan sedikit air. Kemudian diamkan masker terasa sedikit lebih lembap supaya mudah untuk dilepas. Dengan cara seperti ini, maka risiko munculnya rasa sakit ketika pengelupasan masker serta risiko kulit untuk mengalami iritasi pun bisa diminimalisir.

Cara lain yang dapat ditempuh untuk mengurangi iritasi kulit yang disebabkan karena penggunaan masker arang yaitu dengan mengaplikasikan masker tersebut pada bagian tertentu saja. Hal ini dianjurkan untuk yang mempunyai jenis kulit kombinasi. Mengapa demikian? Karena pada bagian sekitar hidung rentan dengan kemunculan komedo, serta rentan mengalami iritasi.

Bagi Anda yang memiliki alergi dengan zat tertentu, maka sebelum pemakaian masker arang, dianjurkan untuk mengecek kembali apa saja kandungan yang terdapat pada produk masker arang yang sudah anda beli. Atau, minimal anda sudah mencoba menggunakan dalam jumlah yang lebih sedikit dulu. Sebab, ada beberapa produk masker arang yang memiliki kandungan zat kimia tertentu yang bisa saja dapat memicu kemunculan alergi kulit.

Sekali lagi, situs www.protectdowntownathens.com menyarankan supaya anda jangan terpengaruh tren, sebaiknya dengan penuh mempertimbangkan kemungkinan manfaat serta risiko masker arang untuk kulit Anda. Apabila perlu, maka konsultasi dengan dokter kulit sebelum anda menggunakan masker arang tersebut. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *